Kamis, 09 Juli 2009

Jembatan Akar


Overview
Jembatan akar diperkirakan telah berumur 100 . jembatan ini dibangun dengan merangkai akar dari dua jenis pohon yang masing-masing tumbuh dikedua belah sisi sungai. Jenis pohon tersebut adalah pohon kubang (ficus sp) yang banyak tumbuh di sekitar sungai di mana tempat jembatan akar tersebut di bangun.
Dari cerita yang tua-tua, jembatan akar ini dirintis oleh seorang ulama kampung Pulut-Pulut. Beliau bernama Fakih Sokan.Fakih Sokan dikenal sebagai seorang yang berilmu tinggi yang konon kabarnya beliau dapat berjalan diatas air.Pembuatan jembatan ini mulai terpikir oleh Fakih Sokan dikarenakan jembatan bambu yang dibuat oleh masyarakat sering dihanyutkan oleh arus sungai batang bayang jika sedang banjir.Setiapkali sungai batang bayang airnya besar maka setiap itu pula masyarakat Desa Libuk Silau dan desa Pulut-pulut bergotong royong membangun jembatan bambu kembali.

Fakih sokan mulai merajut akar membangun jembatan inisekitar tahun 1893 dan baru dapat dilalui oleh manusia pada tahun 1918 jadi untuk membangun sebuah jembatan yang saat ini merupakan suatu keajaiban didunia ini Fakih Sokan membutuhkan waktu lebih kurang 25 tahun.

Disinilah uniknya, jembatan yang menghubungkan kampung Pulut-Pulut dengan Kampung Lubuk Silau itu terbuat dari akar pohon batang beringin hidup yang dirajut sedemikian rupa sehingga dapat dilalui oleh manusia untuk menyeberangi sungai batang bayang.
Lokasi
Jembatan akar terletak di desa pulut-pulut kecamatan bayang utara kabupaten pesisir selatan, sumatera barat.
Akses
Perjalanan menuju objek wisata jembatan akar bisa ditempuh dengan mengunakan angkutan umum, travel, kendaraan pribadi, perjalanan di mulai dari kota padang menuju painan (ibukota pesisir selatan) sampai di kecamatan bayang tepatnya pasarbaru belok kiri menuju kecamatan bayang utara, dari pasar baru ke jembatan akar berjarak sekitar 18 km dengan kondisi jalan yang bagus, Anda tidak usah ragu karena papan petunjuk arah jembatan akar sudah ada di sepanjang jalan. Dengan menaiki angkutan umum dari Padang dapat naik Bus yang menuju Asam Kumbang.dari Asam Kumbang anda dapat melanjutkan dengan naik ojek. Perlu menjadi perhatian agar tidak kemalaman karena sampai saat ini belum tersedia penginapan yang dekat dari jembatan akar.



.








Tidak ada komentar:

Posting Komentar